Pemkot Tanjungbalai Berhasil Wujudkan Universal Health Coverage pada Program Jaminan Kesehatan Nasional

  • Bagikan
Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib (Nomor 4 dari kanan) saat menandatangani nota kesepakatan rencana kerja antara pemkot tanjungbalai dengan BPJS kesehatan Tanjungbalai. Foto: Istimewa

TANJUNGBALAI (SUMUT), Netnews.id Pemerintah Kota Tanjungbalai berhasil mewujudkan capaian Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dengan capaian UHC tersebut, maka lebih dari 95 persen atau 171585 jiwa masyarakat di Kota Tanjungbalai saat ini dapat menikmati layanan Kesehatan secara gratis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun tingkat lanjut (FKTL) yang bekerja sama dengan BPJS baik di Kota Tanjungbalai ataupun di mana saja di seluruh Indonesia dengan mengikuti ketentuan dan alur jenjang layanan.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya acara Launching UHC Kota Tanjungbalai, di Aula Sutrisno Hadi Lt III Kantor Walikota daerah setempat pada Senin 16 Januari.

BACA JUGA: Calon Rektor Untan Pontianak Nomor Urut 2 Garuda Wiko Sampaikan Visi dan Misi

Launching UHC ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan rencana kerja antara Pemkot Tanjungbalai dengan BPJS Kesehatan tentang penyelenggaraan program JKN di kota kerang.

Penandatanganan nota dilakukan langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran dr Lenny Marlina sebagai wujud capaian terjaminnya kesehatan masyarakat kota Tanjungbalai.

Walikota Waris merasa bersyukur kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Tanjungbalai sudah mencapai UHC yakni 95 persen lebih dari total jumlah penduduk. Ia kembali menegaskan Pemkot Tanjungbalai siap bersinergi dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kisaran untuk membantu kepesertaan BPJS Kesehatan yang statusnya non aktif atau belum mengakses pelayanan kesehatan.

BACA JUGA: Pemkot Tanjungbalai Serahkan Bantuan Alat Mesin Pakan Ikan Kepada Pokdakan

“Saya memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pencapaian UHC Tanjungbalai dan rasa syukur tentunya. Ini berarti masyarakat Tanjungbalai telah memiliki jaminan Kesehatan melalui JKN lebih dari 95 persen atau tepatnya pada 1 Januari coverage JKN masyarakat Tanjungbalai berada pada 95,54 persen dari total jumlah penduduk daerah Tanjungbalai 179589 ribu jiwa,” jelas Walikota.

  • Bagikan