Mau Nikah? Lelaki Wajib Tau Hal Ini

  • Bagikan
Foto Ilustrasi Pernikahan

NETNEWS – Menikah merupakan satu dari sekian banyaknya Sunnah Nabi Muhammad SAW untuk para ummat muslim seluruh dunia. Menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia menjadi dambaan bagi semua orang yang akan melalukan pernikahan. Namun sebelum menikah ada baiknya calon suami harus memerhatikan hal berikut ini.

Seseorang yang ingin mencari istri terlebih dahulu membenarkan niatnya, bahwa niatnya ingin menikah adalah bukan sekedar untuk bersenang-senang dengan wanita yang cantik namun niat utamanya adalah untuk beribadah dan menjaga dirinya agar tidak terjatuh pada hal-hal yang diharamkan oleh Allah. Dengan niat yang baik maka Allah akan memudahkan dan mewujudkan apa yang ia harapkan.

Rasulullah bersabda :

ثَلاَثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللهِ عَوْنُهُمْ الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيْلِ اللهِ وَالْمُكَاتِبُ الَّذِي يُرِيْدُ الْأَدَاءَ وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيْدُ الْعَفَافَ

“Tiga golongan yang pasti Allah menolong mereka, orang yang berjihad di jalan Allah, budak yang ingin membebaskan dirinya, dan orang yang menikah karena ingin menjaga dirinya (dari berbuat kenistaan)”

Dari sabda Rasulullah SAW tersebut dapat kita pahami bahwa Allah SWT akan menolong dan mempermudah segala urusan bagi orang yang menikah dengan niat untuk beribadah di jalan Allah SWT.

Untuk itulah bagi kaum laki-laki yang hendak menikahi seorang wanita, selain mencari wanita yang baik akhlaknya harus juga meluruskan niatnya, agar mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

Dalam firman Nya Allah SWT juga memerintahkan untuk mengawinkan orang-orang yang patut dikawinkan dan Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya.

﴿وَأَنْكِحُوْا الأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُوْنُوْا فُقَرَاءَ يُغْنِهُمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ﴾

  • Bagikan