Ingin Diet Sehat Tanpa Obat, Berikut Penjelasannya

  • Bagikan

Adi

Netnews.id, TIPS – Memiliki bentuk tubuh yang proposional memang menjadi idaman setiap orang bukan?

Tak jarang kita selalu berfikir keras cara agar berat badan turun dengan segera. Bahkan sampai mengkonsumsi obat-obatan yang mungkin saja berisiko membahayakan kesehatan tubuh kita.

Nah, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan tanpa menggunakan obat-obatan, simak ulasan berikut ini;

1. Atur pola dan jenis makanan
Selama diet, kurangi porsi makanmu sebanyak 10–20%. Makanlah secara perlahan setidaknya selama 20 menit. Cara ini ternyata efektif untuk menekan nafsu makan. Makan terburu-buru hanya akan membuatmu merasa lebih lama untuk kenyang, sehingga kamu cenderung makan secara berlebihan.

Selain mengatur porsi dan waktu makan, kamu juga perlu mengatur makanan apa yang perlu kamu konsumsi. Pilihlah makanan bergizi untuk diet, misalnya makanan tinggi protein, serat, dan lemak sehat.

BACA JUGA: Pemimpin 7 Dekade Tahta Inggris, Ratu Elizabeth II Tutup Usia

Hindari makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti makanan olahan dan makanan cepat saji, serta batasi makanan atau minuman tinggi gula dan kalori, seperti cokelat, es krim, dan minuman kemasan.

2. Rajin bergerak dan olahraga
Cara diet alami tanpa obat juga harus didukung dengan banyak melakukan aktivitas fisik dan olahraga untuk membakar kalori, seperti joging, olahraga kardio, atau senam aerobik. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari.

Selain menurunkan berat badan, kebiasaan berolahraga juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatanmu, di antaranya mencegah penyakit, memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Akan tetapi, jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu ya, agar dokter bisa menentukan jenis dan durasi olahraga yang aman bagi kondisimu.

3. Cukup istirahat
Istirahat dan tidur yang cukup sangat diperlukan tubuh, terlebih jika kamu ingin menurunkan berat badan. Sebab, kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat membuatmu mudah merasa lapar, sehingga muncul dorongan untuk makan berlebihan atau ngemil di malam hari.

4. Hindari konsumsi alkohol
Sejumlah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam minuman beralkohol terbilang cukup tinggi.

Dengan tidak minum minuman beralkohol, kamu tak hanya terhindar dari berat badan berlebih, tapi juga dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh alkohol, seperti tekanan darah tinggi, stroke, kerusakan organ hati, dan gangguan pada jantung.

Itulah beberapa ulasan diet sehat tanpa obat. Semoga bermanfaat.***

  • Bagikan