5 Alasan Kram Pada Perut Selain Menstruasi

  • Bagikan

Raka Lestari

Netnews.id, KESPRO – Pada umumnya, wanita mengalami rasa tidak nyaman di perut atau bahkan kram di perut ketika mendekati waktu menstruasi. Namun ternyata perut kram tersebut bisa timbul juga sekalipun kamu sedang tidak berada dalam masa menstruasi. Dan hal itu bisa terjadi karena beberapa kondisi.

Dilansir dari Insider, berikut ini adalah beberapa penyebab kamu mengalami perut kram selain menstruasi:
1. Ovulasi, Rasa kram yang terjadi pada perut pada saat ovulasi terjadi ketika ovarium melepaskan telur sebagai bagian dari siklus menstruasi setip bulan. Sekitar satu dari lima wanita mengalami kram pada saat mereka ovulasi.

Rasa kram tersebut biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi. Kram ovulasi biasanya hanya terjadi di satu sisi perut bagian bawah dan dapat berlangsung hanya beberapa menit hingga beberapa hari.

2. Kista ovarium, Kista Ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang tumbuh di dalam atau di sepanjang luar ovarium. Kista ovarium merupakan gangguan yang cenderung umum terjadi pada wanita dan kista yang berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Tetapi kista ovarium yang lebih besar dapat menyebabkan kram hebat di perut bagian bawah, biasanya tepat di sisi tempat kista tumbuh.

3. Kehamilan, Selama trimester pertama kehamilan, kamu mungkin mengalami kram yang disebabkan oleh rahim yang membesar. Pada trimester kedua, kamu mungkin juga mengalami kram saat otot yang menopang Rahim meregang.  Dalam kebanyakan kasus, kram ini tidak terlalu menyakitkan dan hanya terjadi sesekali. “Biasanya, kram pada awal kehamilan sangat ringan,” kata Christine Greves, MD, seorang ginekolog di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies.

4. Kehamilan ektopik, Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim, biasanya di saluran tuba. Kehamilan ektopik dapat menyebabkan kram yang intens dan menyakitkan bersama dengan gejala lainnya. “Kehamilan ektopik mungkin melibatkan pendarahan vagina yang berat, sakit perut yang parah, pusing, dan pusing,” kata Greves.

5. Keguguran, Keguguran terjadi ketika wanita kehilangan kehamilan sebelum mencapai usia 20 minggu. “Keguguran umumnya dapat menyebabkan kram panggul bagian bawah tubuh,” kata Greves.

“Mungkin ada bercak atau pendarahan yang menyertainya.” Tanda lain dari keguguran adalah jika sampai mengeluarkan cairan dan jaringan dari vagina.

Sumber : Medcom.id

  • Bagikan